Minggu, 16 Januari 2011

Kebotakan Pada Pria

Kebotakan Pada Pria
      Beberapa pria dalam kasus tertentu memiliki masalah dengan rambut. Bahkan rambutnya dapat saja mulai rontok ketika usia mereka menginjak 20 tahun, ketika usia mereka menginjak 50 tahun, lebih dari 50% jumlah rambut akan rontok dan mengalami kebotakan. Kebotakan pada pria dapat disebabkan oleh infeksi di kepala, penyakit, atau kebiasaan seperti menarik rambut, bagi kebanyakan pria yang mengalaminya, mereka termasuk dalam kategori pola kebotakan pada pria atau androgenetic alopecia.
      Penyebab kebotakan pada pria disebabkan oleh faktor genetik dan dan terdapatnya kandungan beberapa bahan kimia tertentu di dalam tubuh. Hal tersebut bukan merupakan penyakit dan sepertinya sudah menjadi hal biasa yang terjadi pada pria dewasa ini, meski ada yang menganggapnya sebagai petaka.
      Meski hal tersebut bersifat genetik, tapi bukan berarti tidak ada yang dapat dilakukan oleh pria yang mengalaminya. Melalui banyaknya penelitian, kini para dokter dan peneliti dapat memahami bagaimana mekanisme pola kebotakan pada pria dari pada sebelumnya sehingga para dokter dan ahli telah mengembangkan berbagai perawatan inovatif untuk mengatasi kebotakan pada pria.
      Dewasa ini menjadi masalah kesehatan umum yang dihadapi pria maupun wanita. Saat ini rambut rontok justru dapat menyerang siapa saja, bukan hanya orang dewasa, bahkan anak-anak usia remaja pun dikhawatirkan akan mengalaminya juga. Terdapat banyak faktor penyebab masalah kebotakan pada manusia. Penyebabnya bisa saja berasal dari pola dan jenis diet sampai perlengkapan perawatan rambut seperti sabun dan sampo yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala seseorang. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab kebotakan atau rambut rontok, termasuk cara dan gaya hidup seseorang, dari awal dia bangun pagi sampai kembali tidur di malam hari.
      Ada beberapa penyebab rambut dapat rontok sampai mengalami kebotakan, seperti :
  • Diet. Apapun makanan yang Anda konsumsi akan mempengaruhi tubuh terutama bagian tubuh seperti rambut. Jadi berbagai makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin, protein, dan mineral akan sangat penting dikonsumsi karena akan berpengaruh pada kesehatan dan pertumbuhan rambut. Jadi berhati-hatilah dengan diet Anda.
  • Obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan dapat menyebabkan rambut rontok, seperti Amphetamine yang terdapat pada obat-obatan untuk diet ditengarai dapat menyebabkan kerontokan rambut.
  • Masa kanak-kanak. Hasil riset menyatakan bahwa masalah rambut rontok terdapat juga pada anak. hal ini dapat terjadi pada bayi yang baru lahir dan mengalami kerontokan pada rambutnya saat berusia beberapa bulan.
  • Penyakit. Terdapat banyak penyakit yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, seperti kelainan pada kelenjar tiroid, lupus, dan diabetes. Ketidakseimbangan hormon juga menambah daftar panjang penyebab kerontokan rambut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar