Rabu, 12 Januari 2011

Buruknya Kesehatan Gigi Orang Papua dan Kalsel

Upaya pemeliharaan gigi di Tanah Air masih terabaikan sehingga angka penyakit gigi dan mulut terutama gigi berlubang (karies) cukup tinggi. Berdasarkan data, prevalensi permasalahan gigi dan mulut di Papua dan Kalimatan Selatan paling tinggi di Indonesia, yaitu sebesar 29,2 persen dan 18,7 persen.
Drg.Zaura Anggraini, MDS, ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menyebutkan indeks gigi berlubang di Papua sebesar 4,19 dan di Kalimantan Selatan 6,83 persen.
"Ini menandakan bahwa rata-rata orang Papua memiliki 4 gigi yang bersalah, sedangkan di Kalimantan Selatan rata-rata tiap orang memiliki 7 gigi yang bermasalah. Ini bisa terjadi karena rendahnya pola kebiasaan menyikat gigi dengan cara dan di waktu yang tepat," katanya dalam siaran pers yang dikirimkan.
Ia menambahkan, rendahnya kualitas kesehatan gigi masyarakat di kedua provinsi tersebut antara lain disebabkan karena faktor minimnya pelayanan kesehatan gigi dari tenaga medis yang terlatih.
“Dari 19,7% masyarakat Papua yang mengalami permasalahan gigi dan mulut, hanya 35,0% yang menerima perawatan dari tenaga medis gigi, sedangkan di provinsi Kalimantan Selatan dari 29,2% penduduk hanya 21,2% yang mendapat perawatan gigi," lanjutnya.
Padahal, gigi berlubang yang tidak ditangani dengan benar bisa menyebabkan kelainan pada organ tubuh lain seperti jantung. Gigi dan gusi bisa menjadi gerbang masuknya bakteri dan kuman yang bisa memperparah penyakit sistemik, seperti stroke dan jantung. Karena itulah perawatan gigi secara benar dan teratur perlu dilakukan untuk mencegah masuknya berbagai kuman.
Untuk memberikan pengetahuan mengenai cara merawat kesehatan gigi dan mulut, akhir tahun 2010 lalu PDGI bekerja sama dengan Pepsodent menggelar Bulan Kesehatan Gigi Nasional di Papua dan Banjarmasin. Dalam kegiatan itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gigi, pencabutan gigi susud an penambalan sementara.
Selama kiprah penyelenggaraannya di tahun 2010, Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) telah menyambangi 11 kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Padang, Makassar, Jember, Banjarmasin dan Jayapura.

Sumber: Kompas.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar